featured Slider

Like us

My First Hari Bhakti Adhyaksa

by - August 10, 2022


Hari Bhakti Adhyaksa itu apa? Selalu akan ada yang bertanya hal itu ke saya. Sekalian saya jelaskan di sini juga yah. Hari Bhakti Adhyaksa adalah hari kejaksaan yang diperingati setiap tanggal 22 Juli.

Kalau kalian bertanya-tanya, "Apakah ini semacam hari ulang tahun kejaksaan?". Jawabannya enggak juga. Karena sejarahnya, tanggal 22 Juli bukanlah hari pertama kejaksaan berdiri. Kejaksaan RI berdiri jauh sebelum itu. Kemudian pada tanggal 22 Juli 1960, Kejaksaan yang sebelumnya adalah Lembaga non departemen yang masih bernaung di bawah Departemen Kehakiman pada saat itu ditetapkan menjadi Lembaga Pemerintah yang berdiri sendiri di bidang penegakan hukum yang mempunyai wewenang dalam penuntutan perkara.

Melalui SK Jaksa Agung Mr. Goenawan pada tanggal 2 Januari 1961, ditetapkanlah 22 Juli sebagai Hari Kejaksaan yang dikenal dengan Hari Bhakti Adhyaksa. 


Hari Bhakti Adhyaksa (atau kami biasa menyebutnya dengan singkatan HBA) selalu menjadi acara tahunan untuk para insan adhyaksa. Dan tahun 2022 ini menjadi pengalaman HBA saya yang pertama. Tidak seperti 2 tahun kemarin dimana perayaan HBA hanya berlangsung daring (dan katanya sih kurang seru dan kurang rame), tahun ini dirayakan dengan cukup meriah.

Indera Sakti Adhyaksa Kejaksaan Negeri Barru
Untuk di satuan kerja saya sendiri, kami mengadakan berbagai lomba kemudian ada pula Pekan Olahraga, dan berbagai acara lain. Oiya, untuk acara puncak HBA juga dimeriahkan oleh doorprize dan hadiah menarik lainnya. Tahun ini saya dapat doorprize 1 unit dispenser hahaha, lumayan lah ya.

Di tahun ini, saya kebagian menjadi anggota seksi lomba dan seminar. Meskipun baru kembali setelah pelaksanaan diklat selama 2 minggu, tetapi jadwalnya setelahnya langsung sibuk banget. Capek tapi seruuuuu!

Well, segitu dulu deh ceritanya hehehe. Harap maklum ya karena baru pertama kali, jadi cukup remarkable untuk saya. Nggak tahu kalau di tahun-tahun selanjutnya seperti apa. Semoga makin seru dan meriah lagi. See ya!




You May Also Like

0 komentar