featured Slider

Like us

Kopi Ujung, The Legendary Coffee in Makassar

by - March 07, 2024

Di tengah banyaknya coffee shop yang bermunculan di Makassar, saya rasa Kopi Ujung wajib masuk dalam list kamu. I'll let you know why... 


Konon, kedai kopi ini awalnya adalah toko yang menjual berbagai oleh-oleh khas Makassar yang sudah berdiri sejak 1930. Yang kemudian mulai menjual kopi yang diseduh langsung pada tahun 2015. Pemiliknya, John Cendra (mungkin kamu kenal) adalah salah satu coffee expert yang mulai memperkenalkan Specialty Coffee di Indonesia.

Berawal dari hobi nya, John Cendra memutuskan untuk serius mempelajari kopi dan kemudian memutuskan untuk kembali ke Indonesia dan terjun dalam pengembangan kopi dalam negeri setelah menyadari bahwa kualitas kopi Indonesia (khususnya kopi Toraja saat itu) tidak kalah dengan produksi luar negeri. 



Sampai sekarang, selain menjual specialty coffee berikut dengan perlengkapan kopi nya kedai kecil ini masih menjual berbagai macam oleh-oleh khas Makassar. 

Sesuai dengan namanya, kedai ini memang terletak di ujung jalan. Tempatnya berada di tengah-tengah Jalan Somba Opu. Mungkin seperti chinatown di Makassar. Di sekitar kedai ini, banyak terdapat Kios oleh-oleh dan Toko Emas. Kalau kamu kesini, bisa sekalian hunting oleh-oleh atau mungkin sekalian beli emas ya hahaha. 



Bicara tentang tempat, memang kedai satu ini terbilang kecil dan mungkin tidak se-fancy kedai kopi lain estetik jaman sekarang. Tetapi cukup nyaman dan somehow terasa seperti sanctuary karena ketika sudah masuk di dalamnya, terasa begitu tenang dan tidak bising. Selain itu, biasanya kedai satu ini tidak terlalu ramai karena kebanyakan pengunjungnya biasanya takeout coffee bukan minum di tempat. 


Saya mencoba manual brew Robusta Toraja dan untuk cemilannya saya pesan Pandan Nutella Croissant. Sungguh kombinasi yang apik. Kopinya sedikit ada rasa fruity, dengan rasa yang cukup bold, sesuai sama selera saya. Pandan Croissant nya enak banget jujur. Aroma gurih butter, topping nutella menjadikan croissant ini mempunyai kombinasi rasa manis dan gurih yang pas. Disini juga tersedia ready to drink coffee yang bisa kamu jadikan oleh-oleh atau bisa kamu bawa karena kemasannya dalam botol kecil.


Mereka punya berbagai macam pilihan kopi yang bisa dipilih. Untuk cemilan, tersedia berbagai macam pastries. Ada cookies dan cupcake juga yang bisa kamu pilih untuk menemani kamu minum kopi. Pricewise, cukup terjangkau. Wah, saya seneng banget kesini. Btw, saya sertakan menu untuk jadi referensi kamu ya. 


Kopi Ujung
Instagram : @kopiujung
Jalan Somba Opu No. 36
Opening hours : 8am - 10pm










You May Also Like

0 komentar