featured Slider

Like us

Friday Night Journal #18 - Cerita Bulan Maret

by - March 29, 2024

 


Selamat datang di Jurnal Jumat Malam saya ke-18 yang saya tulis di hari ke-18 bulan Ramadhan. Sungguh sebuah kebetulan yang gemes. Gimana puasanya? Aman? Udah batal belum? Semoga Allah kasih mudah dan lancar ya dalam beribadah. 

Seperti biasa, Jurnal Jumat Malam yang ditulis setiap akhir bulan akan memuat recap di bulan tersebut. Dan di bulan Maret ini bisa dibilang bulan yang cukup nano-nano ya. Manisnya ada, pahitnya ada, asyem nya juga ada. Full of emotions, and also many things happened in this month. 

So, let the story begin!

  • Awal bulan seringnya diawali dengan jalan-jalan. Awal bulan maret, saya pergi ke Celebes Canyon dan Rammang-Rammang. What a fun ride (yet exhausted)! Seharian jalan-jalan menembus 2 kabupaten berbeda. Fyi, celebes canyon itu letaknya di Kabupaten Barru sedangkan Rammang-Rammang lokasinya di Kabupaten Maros. Jujur capek nya ada banget. Tapi seneng.
  • Selain itu bulan ini lagi sering kunjungan ke Desa. Kurang lebih ada sekitar 10+ Desa yang masuk dalam list kunjungan kami. Menembus panasnya kabupaten dan jalan desa yang kadang bagus kadang bergelombang. Seru. Saya cukup menikmati kesibukan seperti ini. 
1 & 2. Celebes Canyon;

3 & 4. Rammang-Rammang, sayang sekali perginya pas mendung;

5. Foto bersama ibu kepala desa dan aparat desa hahhaha;
  • Munggahan dooong! Menjelang datangnya Bulan Ramadhan, kami munggahan. Agak spesial karena makannya di Belakang Rumah Nenek, one of the most fav place in the Regency. Selain makanannya, tempatnya yang private dengan pemandangan hijaunya sawah yang memanjakan mata. Aesthetically pleasing to the eyes, and pleasing to our palate.
  • Tentu saja menjelang Bulan Ramadhan, persiapan untuk @webake.co terus dilakukan. Saya melakukan brainstorming dengan adik via online beberapa kali. Tahun ini ide nya muncul agak terlambat. Tapi nggak apa-apa. Saya belajar bahwa dalam hidup, penting menyadari untuk fokus pada melakukan apa yang di bawah kendali kita dan menyerahkan sisanya ke Allah ta'ala. Semoga hasilnya baik yaa. Aamiin!
6. Selamat Makan Indonesiah!;
7. Munggahan nya cuman 2 jam, ngabisin instax refill 10 lembar;

8. Our hampers for 2024;
9. What a funny testimonal from friend;
  • Oh iya, saya juga sempat main ke Makassar. Tepat 2 hari sebelum Ramadhan, saya ke kota untuk sejenak menikmati hiruk pikuk kota. Meskipun dengan sedikit halang rintang (driver travel saya terlambat jemput, jadi saya baru sampai di Makassar jam 3.30 sore padahal saya rencananya hanya one day trip saja). Yaaa sudah, mau apa dong. So, i made the most of it. Ngopi, nonton, makan sushi, dan belanja sedikit untuk keperluan Ramadhan.
  • Ngomong-ngomong nonton. Bulan ini saya nonton Agak Laen. Yas, the movie which recently crowned as Indonesia's new best-selling movie, gaining 7 millions viewers during its screening. Congrats! Selain itu di bulan ini saya menyelesaikan 1 drama korea yaitu Doctor Slump. Drama yang ringan namun heartwarming. Mengambil benang merah tentang mental health dan trauma, saya rasa patut ditonton. Selain itu banyak family value yang bisa kamu ambil, terutama scene ibu dan anak yang sangat hangat dan menyentuh.
  • On going drama lainnya yang sedang ditonton adalah Queen of Tears. Masih berjalan episodenya sampai saat ini. Jadi belum bisa komentar banyak, tapi sepertinya cukup menjanjikan sih. Dan saya juga cukup menikmati nontonnya.
10 & 11. Self date;

12. Duh gemeshnya sama pasangan ini;
13. Doctor Slump, kata aku sih nonton;
  • Bisa dibilang dalam beberapa bulan terakhir, saya benar-benar belajar untuk menikmati kesendirian saya. Menikmati ya, bukan hanya berdamai. Main ke kota sendiri, stay in during long weekend, ikutan ngaji dan asrama Alquran, dan banyak kegiatan lainnya yang saya lakukan sendiri. Saya seperti memasuki fase dimana saya lebih menikmati waktu berjalan lambat di Kabupaten daripada di Kota yang semuanya berlalu serba cepat. 
  • Eh tapi lagi asik-asiknya hidup damai, ada aja yang bikin pusing. Yeah, problems come and go. Suatu keniscayaan kalau masih hidup pasti Allah kasih cobaan, kalau nggak pingin dikasih cobaan katanya mati aja. Jadi, yasudah kita terima dengan lapang dada dan coba diselesaikan dengan baik. Semoga cobaan yang hadir bisa membuat kita naik kelas. 
  • I found myself as a person  who never holds a grudge. Saya selalu berpendapat bahwa diri kita berhak untuk merasa damai, dan damai itu hanya bisa betul-betul dirasakan ketika kita bisa memaafkan. Jadi memaafkan bukanlah untuk orang lain, tapi untuk diri sendiri. Tapiiii... saya mulai mempertanyakan penilaian itu, karena belakangan saya menyadari bahwa ada juga kejadian yang saya nggak bisa serta-merta memaafkan begitu saja. It was too painful to bear, too harsh to immediately forgive and forget, but too hard to carry it around. Jadi saat ini, saya hanya berusaha menerima, berusaha memahami dan mengerti, tapi juga tidak memaksakan diri. I will forgive and forget eventually, after the healing process i think. 
  • (You'll know when you're read this) If you happen to read the previous point, it wasn't for you. As written and as i said to you, I forgave you. So it has nothing to do with you. 
  • Tapi yaaah, ini salah satu pelajaran lainnya yang saya dapat di bulan ini. Bahwa penting untuk mengenali emosi kita. Dan tidak hanya itu, setelah identifikasi apa yang kita rasa, perlu dicari tahu penyebab nya. Kenapa kita merasa seperti itu, apa yang salah, mana yang bikin nggak nyaman, apa yang dilakukan untuk membuat kembali nyaman, dan lainnya. Jangan sampai emosi yang ada justru menguasai diri dan disalurkan dengan perbuatan yang salah ke orang yang salah. 
  • Dalam hal per-kulineran duniawi, di bulan ini saya jadi banyak masak. Yaa selayaknya anak kos rantauan gitu, kalau bulan puasa bikin stok ransum hahaha. Bikin dimsum, dumplings, masak sayur buat sahur dan buka puasa. Menyenangkan bisa bikin dan berbagi dengan lainnya. 
14 & 15. Bikin dimsum & dumplings, 3 hari makan ini mulu hahaha;
  • Ada yang mutasi di bulan ini. Tria, teman dan adik sayang saya ini pindah ke KN Kota Bengkulu. Huhuhu. So happy tapi sedih juga karena mau ditinggal. Wish a greatest luck for you dedek! See you! Selain itu, ada salah satu senior di Satuan Kerja lain yang pindah ke homebase. Aduh senangnya, turut bahagia ya. Semoga saya segera dapat mutasi ke Jakarta Selatan mengikuti jejak kalian. Aamiin!
  • Lainnya, apa lagi ya. Ada pergi turun lapangan dan mampir main air, kemudian photoshoot bersama cewek-cewek kantor, buka puasa bersama, sisanya yaa sibuk-sibuk bersama webake.co aja sih. 
16. Habis pergi turun ke lapangan, terus main air di Celebes Canyon (lagi);
17. Bukber yang difoto makanannya, bukan orangnya;

18. Photoshoot untuk Majalah Kabupaten wkwkwk;

***
Yaaa gitu deh cerita bulan maret nya. Semoga kamu menikmati bulan maret kamu, as much as I enjoyed my march. Dan semoga kebahagiaan dan keberkahan selalu meliputi kita semua. Semoga kita selalu diberikan kekuatan untuk selalu baik menjalani hidup, dan dilindungi setiap langkahnya. Semoga saya cepat dapat mutasi kembali ke Jaksel, Aamiin! (Plis amiinin yang kenceng ya warga). 


You May Also Like

0 komentar