featured Slider

Like us

Peralatan Wajib untuk Baker Pemula

by - February 26, 2017



Ketika mau coba bikin resep baru atau buat kamu yang baru belajar baking, pasti pernah deh akhirnya mengurungkan niat baking karena ada alat yang belom punya. kalo kalian pernah, berarti sama kaya saya, saya juga pernah begitu hahaha.
Sebenarnya kamu ga perlu beli semuanya kok (sama aja kaya kita mau masak tapi kita ga perlu punya semua peralatan dapur yang ada!). ada beberapa alat yang fungsinya bisa digantikan dengan alat lain, jadi ga perlu beli semuanya.
nah sebagai sesama pemula, saya mau share peralatan apa aja sih yang wajib punya untuk baker pemula kaya kita. So, here's the list.

1. Alat Ukur Bahan
measurement cups, measurement spoons

sebenernya ada 3 alat yang sering dipake untuk pengukuran bahan, timbangan, sendok dan cup ukur, dan gelas ukur. tapi menurut saya yang harus bgt dipunya itu timbangan (bebas boleh digital atau yg manual), dan gelas ukur. timbangan digunakan untuk pengukuran bahan solid atau padat, dan gelas ukur (glass cups) untuk pengukuran bahan cair.
terus measuring cups/spoons itu ga perlu dong? kalo menurut saya sih optional saja. karena kalaupun kamu ga punya, ukuran cups/tsp/tbs itu bisa dikonversi ke gram, dan kamu bisa pake timbangan aja deh buat pengukurannya.

2. Mixer
hand mixer, stand mixer

Kue dan juga roti umumnya terbuat dari campuran berbagai adonan. Untuk mencampurnya, kamu perlu yang namanya mixer untuk memudahkan proses pembuatan. Mixer sendiri umumnya punya dia tipe, hand mixer dan stand mixer. Yang powernya dan fiturnya lebih banyak memang yang stand mixer, yaaa meskipun harganyanya jauh lebih mahal sih. Tapi kalo belum punya stand mixer, pake hand mixer juga bisa kok.

3. Whisker
whisker

Alat kocok manual yang satu ini perlu banget untuk mengocok telur, adonan dasar, hingga saus-saus berbahan lengket yang dipanaskan. Whisk ada yang dari bahan stainless, ada juga yang berlapis silicon.

4. Spatula
silicon spatula dan silicon brush
offset spatula

Spatula ada 2 macam, ada yang terbuat dari rubber atau karet, dan bahan metal. Meski secara fungsi hampir sama, namun keduanya perlu kamu punya. Yang rubber lebih untuk mengaduk krim dan sejenisnya, sementara yang metal (offset spatula) untuk mengoleskan krim dan selai pada permukaan kue karena bidangnya sendiri lebih rata. Untuk item yg satu ini saran saya sih punya lebih dari satu, supaya biar nggak ribet cuci-pakai karena memang berguna banget!

5. Mixing Bowl

Kalo yang ini saya ga perlu jelasin lagi ya kegunaan dan fungsinya. Mixing bowl sangat dibutuhkan untuk mencampur adonan. Mixing bowl ada banyak jenis dan ukurannya. Ada yang dari stainless, pyrex, sampe plastik biasa juga ada. Ukurannya juga bermacam macam bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita. Saran dari saya sih, baiknya pilih mixing bowl yang dari stainless atau pyrex. Memang sih harganya sedikit lebih mahal daripada yang plastik biasa. Tetapi kita juga bisa memakainya untuk memanaskan bahan-bahan yang perlu di tim atau au bin marie (penjelasan au bin marie kapan-kapan saya post yah). Jadi kan ga perlu beli dobel-dobel lagi ya kan...

6. Loyang

Nah ini nih, item yang banyak banget macem nya. Tapi dari sekian banyak jenis loyang, yg wajib dipunya duluan adalah:
(1) loyang untuk cookies/rimmed baking sheet (2) loyang persegi/ square baking dish (3) loyang pie/pie pan (4) loyang bulat/round pan (5) loyang muffin 12's/muffin tin
Untuk yang lain-lainnya mengikuti kebutuhan masing masing yaa...

7. Piping Bag + Tip

Dua alat ini merupakan duo yang tidak bisa dipisahkan satu dengan yang lain. Memang sih keduanya lebih sering digunakan untuk menghias kue atau cookies. Tetapi piping bag dan tip/nozzle nya ini tidak hanya berguna ketika menghias kue loh. Contohnya ketika membuat cream puff atau kue semprit, 2 alat ini masuk list alat yang harus ada.

Nah itu tadi adalah peralatan yang wajib punya untuk baker pemula yang saya list berdasarkan pengalaman saya. Alat-alat tersebut bisa dengan mudah kamu dapatkan di Toko Bahan Kue (TBK) atau kalo kamu sibuk dan ga sempet, sekarang udah banyak online shop yang menjual berbagai keperluan baking. Buat kamu yang masih bingung dimana cari alat dan bahan kue bisa lihat di postingan saya tentang Toko Bahan Kue di Jakarta yah. 

X.O.X.O


You May Also Like

5 komentar

  1. Replies
    1. Bisa di search di modcloth.com di section kitchen and dining. Disitu banyak yang lucu-lucu, tp shippingnya bakalan lama karena impor.
      Tp sekarang yang product local juga banyak yang lucu kok

      Delete
  2. Terimakasih banyak
    Infonya sangat membantu:)

    ReplyDelete