featured Slider

Like us

[ Resep ] Rose Apple Tart

by - February 10, 2022

Dari bentuknya mungkin terlihat intimidating ya, kayaknya rumit gitu bikinnya. Padahal sebenernya nggak sesulit itu.

Apel adalah salah satu buah favorit dan andalan dalam urusan baking. Mau dibikin apa aja enak aja kayaknya. Yang mungkin paling terkenal dan paling sering dibuat adalah Apple Pie, tetapi sebenarnya Apel bisa dikreasikan untuk resep-resep lainnya. Sebut saja Tart, Gallette, Apple Turnovers, Muffin dan masih banyak lagi.

Untuk resep yang akan saya share kali ini adalah Rose Apple Tart. Sedikit saya deskripsikan, sebenarnya ini kurang lebih mirip dengan Apple Tart biasa, namun apelnya dipotong dan dikreasikan sedemikian rupa agar dapat dibentuk menjadi bunga mawar.



Rose Apple Tart

Bahan :
1 pack puff pastry siap pakai
3 buah apel (saya pakai royal gala)
2 sdm light brown sugar
1 sdt cinnamon powder 
air lemon secukupnya 


Step by step :
Pertama-tama yang akan kita siapkan adalah apelnya ya. Apel ini saya sengaja tidak kupas untuk mendapatkan efek warna merah dari kulit apelnya (Royal Gala kebetulan warnanya merah). 

[ Resep ] Rose Apple Tart

Cuci bersih apel dan potong apel dengan bentuk irisan memanjang. Kemudian direndam dalam air yang sudah ditambahkan air lemon. Sisihkan.

Irisan apel ini direndam untuk mencegah apel berubah warna, selain itu direndam juga akan memudahkan kita membentuk apel nantinya karena apel akan jadi lebih lentur dibentuk. 

[ Resep ] Rose Apple Tart

[ Resep ] Rose Apple Tart

Untuk kulit tartnya, saya menggunakan puff pastry beku siap pakai. 
Keluarkan puff pastry dari freezer sebelum dipakai, biarkan sampai agak sedikit lunak. Potong-potong memanjang puff pastry sesuai selera. 1 lembar puff pastry saya potong menjadi 6 memanjang. 

Kemudian susun irisan apel dengan ujung saling bertumpuk di atas puff pastry. Kemudian taburkan campuran light brown sugar dan cinnamon powder. Secukupnya saja ya. 
Di foto, saya mencampurkan langsung di apel yang sudah ditiriskan, tetapi ternyata itu membuat apelnya jadi patah patah :') 
Percobaan kedua saya buat dengan brown sugar yang ditabur saja, ternyata lebih mudah dan lebih cantik. Jadi menurut saya, lebih mudah ditaburkan langsung saja pada saat menyusun irisan apel.

[ Resep ] Rose Apple Tart

Dengan perlahan, lipat puff pastry dan gulung dari ujung hingga membentuk bunga mawar. Kemudian masukkan kedalam loyang cupcake yang sudah dioles dengan butter. 

[ Resep ] Rose Apple Tart

Masukkan ke dalam oven dengan suhu 180' C untuk waktunya kurang lebih 15 - 20 menit hingga warna nya coklat keemasan. Setelah matang, keluarkan dari loyang dan diamkan untuk menghilangkan uap panasnya sebelum disajikan. 

[ Resep ] Rose Apple Tart

Oke, untuk rasa saya sepertinya nggak perlu menjelaskan panjang lebar ya hahaha. Ini enak!
Kulit puff pastrynya crunchy kemudian apelnya manis dan ada aroma cinnamon. Enak banget. Silahkan dicoba ya, semoga bisa jadi resep favorit kamu juga. Kalau sudah dicoba bisa share atau comment  di comment box ya.

Happy baking!



You May Also Like

0 komentar