featured Slider

Like us

My Baking Story

by - May 14, 2017


Buat yang follow instagram saya pasti tahu deh kapan saya posting foto-foto makanan hasil baking saya. Postingan #shintainthekitchen pertama di instagram saya post sekitar 1,5 tahun yang lalu. Dan dari situ many of people i met ask me about it "how did u start baking?" "emang udah suka masak ya dari dulu?" atau "ikut kelas tata boga ya?" 

Well, saya pun juga gatau ternyata bisa se-begini passionate-nya di dunia per-baking-an hahaha.. ga pernah terbayang di otak saya kalo saya akan 'bisa' dan 'suka' baking begini. Dulu saya gabisa bikin apa-apa, cuman bikin nastar yang basic nya mesti liat contekan resep (meskipun sampe sekarang masih bawa contekan ke dapur juga sih).. But time flies, and here i am.. now i'm starting my bussiness from my new hobby - baking

Q : How did you start? Kenapa bisa tiba-tiba suka baking gitu?

Awalnya sih hanya coba-coba resep cookies aja. pertama nastar, cookies coklat, dll. Lama-lama pengen bikin pie, terus brownies, terus bikin variasi pie ampe bosen. Belakangan ini jadi suka banget sama chiffon dan cake cake lembut dan moist itu.. 

Q : Nyari resepnya dimana?

 Jawabannya "the one and only GOOGLE" hahaha. Untuk cari inspirasi sih biasanya cari di pinterest.. what's happening from foods and drinks pins, dan abis dari situ baru googling gimana cara bikinnya. gampang ya ... but the fact in reality nyari resep yg enak dan menjanjikan ga segampang yang dipikir. kadang cuman dijelasin tanpa gambar gitu (namanya juga amatir mana kebayang ya kan) ada juga yang ternyata rasanya ga pas di lidah, dan masih banyak lagi yg aneh-aneh lainnya..

Jadi menurut saya, kalo mau search resep coba searching dulu dan coba compare minimal dari 3 sumber berbeda. bandingin dulu, kalo emang dirasa perlu di modif, ya boleh lah di modif. dan paling penting menurut saya adalah harus sering praktek deh. Yaaa practice make perfect tuh beneran loh kalo di dunia perbakingan gini.

Q : Kalo udh dapet resep yg oke, terus langsung pasti berhasil?

Ya engga lah neng, emang sulap wkwk... pasti ada gagalnya, ada berhasilnya. Kalo berhasil sueneng pol, kalo gagal yaaa yaudah asal masih bisa dimakan, hajar bleh hahahha
Well baking tuh emang mesti pake feeling sih, kadang ada resep yang udh oke punya banget tapi gara-gara kita salah step bisa gagal

Q : Terus kalo belajar teknik-teknik nya gitu dimana?

Jawabannya tetep : "the one and only GOOGLE"
Buat saya, bisa dibilang google can solve everything ya (selain masalah percintaan hahaha).. mau cari apa aja ada. Yang penting jangan males googling dan cari tau deh.
dulu saya bahkan gatau apa bedanya fold, stir, beat, dll, teknik aduk balik juga gatau, au bin marie gatau, tapi kan jaman sekarang udah jaman digital... ada google, youtube, blog ya manfaatinlah. Coba search. Pasti ketemu. 
Saya juga insyallah akan sering posting mengenai teknik dan baking tips, ditungguin yah di postingan berikutnya hehehe.

baca juga postingan saya tentang penjelasan au bain marie 

Q : Nyari bahannya dimana?

Di TBK alias Toko Bahan Kue dong.. Saya pernah posting list TBK yang ada di Jakarta (listnya bisa di cek disini : Toko Bahan Kue (TBK) di Jakarta)
Tapi jaman sekarang di supermarket besar kaya transmart, foodhall, dll itu juga lumayan bisa diandelin kok buat nyari bahan bahan umum buat kebutuhan baking.

***

Sebenernya banyak banget yang pengen saya share mulai dari resep, teknik baking, baking tips, sampai cerita-cerita gagal nya saya dalam baking.. Insyallah saya akan cicil-cicil yah, semoga bisa bantu buat pemula-pemula yang sama kaya saya hahaha. Segitu dulu yah yang bisa saya jawab.. Semoga bermanfaat.

Buat yang pemula dan mau baking, saran saya cuman satu : Coba aja dulu, urusan enak enggaknya belakangan (klo step nya bener sih insyallah enak kok percaya deh), yang penting pengalaman. 

X.O.X.O




You May Also Like

0 komentar