featured Slider

Like us

Friday Night Journal #11 - Mengapa Air (Nggak) Mengalir?

by - October 07, 2023


Selamat datang di Jurnal Jumat Malam saya yang ke-11. How's ur October so far? 
Saya cerita duluan ya tentang bulan Oktober yang 'cerah' banget ini. Iya, saking cerahnya debit air PAM pun juga kecil, bahkan nggak ngalir. Tapi bener loh, kayaknya salah satu cerita bisa di highlight di bulan ini yaaaa perihal kekeringan sampai air nggak ngalir. 

Sebenarnya kalau musim kemarau wajar kalau cuaca panas, debit air mengecil, beberapa sumber air mengering, dan hal hal lainnya. Tapi, kayaknya ini pertama kalinya buat saya dimana air beneran nggak ngalir sama sekali. Selama ini di Jakarta, meskipun kemarau dan cuaca kering alhamdulillah saya masih bisa punya air, mandi, dan segala macam. 

Hal ini sebenarnya berlangsung dari minggu lalu, saya sempat nggak mandi ke kantor yaampun. Karena air yang tersisa cuman 1 ember, rasanya nggak cukup buat mandi. Sempat juga menginap di kosan teman karena air beneran nggak ngalir. Kemudian saya juga sempat pergi ke Makassar, menghabiskan akhir minggu di kota. Jadi nggak begitu berasa karena staycation di hotel.

Kemudian, kejadian ini berulang di awal minggu kemarin. Kali ini saya berhasil manage 1 ember air yang tersisa untuk wudhu, sampai mandi bersih. Wah, saya bangga. Kebayang nggak sih yang tadinya 1 ember air cuman untuk cuci muka, sekarang bisa buat wudhu, cuci muka, sampai mandi bersih. The power of kepepet!

Sampai sore menjelang, keberlangsungan air belum ada titik terang. Saya kembali numpang mandi di kosan teman hahaha. Tapi, ketika malam mulai muncul masalah. Saya pingin pipis sodara-sodara! Kesel nggak tu, mana air udah nggak ada sama sekali. Mau numpang di masjid sebelah, eh udah dikunci dong, OMG! Alhamdulillah ya, ada teman kos yang menawarkan untuk numpang di toiletnya, fiuuuh~ 

Lalu, akhirnya saya sekarang sedia 2 galon air minum isi ulang. Buat jaga-jaga kalau air nggak ngalir lagi. Jadi bisa pakai air ini. Sejauh ini sih, sampai tulisan ini dibuat air masih ngalir dengan aman lancar sentosa. 

Memang ya, kalau orang bilang you will appreciate something when you lost it jadi terasa benar adanya. Asli deh, sekarang sayang sayang banget kalau air lagi ngalir. Cuci piring hemat air, kalau lagi cuci tangan matiin keran pas lagi nggak dipakai. Yaaa.. semua yang berhubungan sama air jadi lebih mindful deh. 

Stay safe ya untuk kamu, untuk saya, untuk semuanya. Semoga musim hujan yang dipenuhi berkah segera datang. 

Eh, kalo air di rumah kamu gimana? Aman?

You May Also Like

0 komentar