featured Slider

Like us

An Underrated Beauty - Selayar Islands

by - September 23, 2023

Ini kedua kalinya saya plesiran ke Selayar, dan saya makin yakin untuk bilang destinasi satu ini wajib kamu kunjungi kalau ke Sulawesi Selatan. An underrated beauty indeed! 


Kalau dengar Wisata Sulawesi Selatan, yang terbesit di pikiran kamu apa? Dulu, yang saya tahu adalah Bulukumba. Salah satu destinasi yang juga terkenal dengan pantainya yang cantik. Tapi, menurut saya ada yang nggak kalah cantik dari Bulukumba yang wajib kamu kunjungi. Selayar!

Selayar atau Kepulauan Selayar adalah kabupaten yang terletak di sebelah selatan provinsi Sulawesi Selatan. Sesuai namanya, kabupaten ini terdiri dari gugusan beberapa pulau dimana seluruh wilayahnya terpisah dari daratan Sulawesi. Gugusan pulau yang ada mencapai jumlah 130 pulau loh. Nggak heran memang kalau banyak wisata pulau dan pantai yang memukau.

Untuk mencapai Selayar, dapat ditempuh dengan perjalanan darat dari Makassar kurang lebih 6 jam. Kemudian dilanjutkan menyeberang naik kapal selama 2 jam. Dari Pelabuhan Selayar, dapat dilanjut perjalanan darat ke Pusat Kota Selayar (di Kecamatan Benteng) kurang lebih 1 jam.


Terus di Selayar ngapain aja? Berikut saya berikan beberapa tempat yang kemarin saya kunjungi di Selayar sebagai referensi kamu. 

PANTAI  BALOIYYA

Pantai yang satu ini terletak nggak jauh dari pusat kota di Selayar. Cukup di tengah-tengah dan dengan akses yang mudah pula. Dikenal sebagai Tanah Lot mini, pantai ini cukup terkenal di Selayar. Tapi, jangan high expectation kalau ke sini yah. Pantai disini bukan tipe pantai pasir putih dan tipe-tipe pantai yang landai (if you know what I mean). Jadi memang cocok buat bengong-bengong gitu dan sangat tenang. 


PANTAI  PUNAGAAN

Kalau kamu pengen main air, yang ini cocok sih. Pantai Punagaan ini berbentuk dermaga kecil panjang yang cocok sekali buat tempat loncat hahaha. Pastikan kamu datang disaat air sedang pasang/tinggi, biar lebih puas berenangnya.


GOA  BALOJAHA

Ini salah satu tempat yang bikin saya berkali-kali bilang wow. Karena nggak nyangka gitu lho, ada tempat macam begini di Selayar. Goa ini memiliki kolam alami dengan air yang sangat jernih serta stalakmit cantik. 

Untuk menuju ke sini kalian bisa naik perahu kecil dari Dermaga Padang. Untuk jarak tempuhnya hanya 30 - 40 menit dan kemudian dilanjut dengan jalan kaki 15 menit. Bagus banget!




PANTAI  LIANG  KARETA

Untuk kategori per-pantai-an, menurut saya ini sih si Juara nya. Dengan aksesnya yang tidak terlalu jauh. Mudah pula. Dan pantai satu ini bersih banget. Walaupun terhitung raw, tapi disini cakep banget. Pasir putih, air jernih, gradasi air yang hijau kebiruan. Aduh cakep banget. 


Oiya untuk tempat satu ini masih satu lokasi ya dengan Goa Balojaha dan Pantai Liang Tarusu. Jadi kalau kesini, bisa 2 - 3 tempat yang di explore.



TINABO - TAMAN NASIONAL TAKA BONERATE

Nggak afdol rasanya kalau sudah jauh-jauh ke Selayar tapi nggak berkunjung ke Taman Nasional Taka Bonerate. Atoll ketiga terbesar di dunia ini wajib banget dikunjungi. Salah satu spot  terbaiknya ada di Pulau Tinabo. 

Saya tulis cerita lengkapnya, bisa dibaca disini >>A Day at Tinabo Islan - Takabonerate National Park 



****
Gimanaaa? Udah bikin kepingin beluum? Hahahaha. Masih ada beberapa tempat lagi yang belum saya share ceritanya. Tapi bertahap aja kali ya. Nanti dilanjut di part  selanjutnya. Ditunggu postingan selanjutnya yaa..

Cheers! 

You May Also Like

2 komentar

  1. kalau ada yang bilang wilayah Indonesia Timur alamnya cakep, aku setuju banget banget.
    Waktu aku ke Sulsel, karena keburu waktu jadi nggak sempet sampe ke selayar dan TN Taka Bonerate, liat air laut yang biru kayak gitu bawaannya pengen nyemplung aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, aku pun setuju. Karena se-pengalaman aku pantai-pantai disini kaya virgin beach gituuu.. bagus banget, sepii, udah kaya private beach. Mungkin karena belum banyak yang tau kali ya

      Yuk main ke sulsel lagiii, pake cuti yang banyak biar puas jalan jalannya :D

      Delete